A New Model of Scam??

Sekitar 2 minggu yang lalu seorang sahabat dekatku mengalami dilema. Kita chatting dan dia 'curhat' tentang 2 orang cowok yang baru dikenalnya lewat internet, let's call him A and B. Temanku ini, panggil aja Wati (nama minta disamarkan, red.), minta pendapatku tentang si B yang "enthuastically" interested to her. Hampir saban malem minta chat. Sementara si A kok modelnya adem ayem aja. Aku bilang berdasarkan pengalamanku, cowok yang dari awal udah mulai ngobral omongan biasanya gak akan tahan lama dan umumnya gak jujur.
Beberapa hari kemudian kita chat lagi dan Wati bilang bahwa si B ini bahkan sudah mem-propose dia saat chatting. Deg! Ini bener-bener mengingatkanku pada Brian, my ex-bf. Jo dan Daisy tau banget 'kisah amor' ku dengan dia ini. Aku langsung peringatkan Wati, hati-hati aja ngadepin cowok model gini. "Bilang aja, kamu gak bisa bilang yes or no atas proposalnya kalo belum ketemu person to person." Wati tampaknya gak kepengaruh sama rayuan tuh cowok. Aku tau dia ini tipe cewek rasional. Pinter lagi!
Nah, 2 atau 3 hari sesudahnya Wati kirim email berikut ini.

Rabu lalu chatting terakhir qta, tuh cowok bilang sorenya berusaha telp aku via HP.....hihihi.....aku gak denger, soalnya lagi cuci rambut, dan HP yang ini kan gak pake remainder kalo-2 ada sms/phone terlewat...hehehe... Trus dia cerita, kalo anaknya (kalo bener anaknya....hehehe...eh, ada yang belon tau kl dia ngaku duda mati dgn 3y.o. daughter? hihihi...yach, telat, deh!) yang ditinggal di UK jatuh d/ ayunan yang barusan dibelikan sebelum dia out ke india, dan tuh daughter unconcious di RS dengan patah kaki & cedera kepala. Ada yang pengen tau apakah aku ikutan panik? hehehe....anehnya, enggak tuh! Mungkin krn ada sesuatu yg ganggu pikiranku waktu dia bilang masalah anaknya...yang nti tak ceritakan di bawah. Lah...terus ini yang bikin pagar besi di kepalaku mencuat dan nutup....hihihi....tuh cowok blg dia kesulitan ngirim uang biaya RS ke penjaga anaknya, krn ntah kenapa semua western union di india gak bisa ngirim, cuma bisa nerima. Lah, masak???? Trus dia minta tolong aku minjemin dia duit dan dikirimkan ke orgnya itu di UK via western union... Lah, bau tikusnya jd makin tercium keras di hidungku. Aku nolak, dgn alasan aku cuma punya dana paling banter 75 poundsterling dan belon pernah berurusan dgn western union. Pikirku, mana bisa 75 poundsterling buat biaya RS...hehehe....dikit banget! Aku kasih saran u/ transfer aja antar bank, katanya penjaga anaknya itu gak punya bank account karena bangkrut sebelum kerja ke dia. Tuh cowok ngotot minta dikirimin seadanya dulu, dgn janji akan dikembalikan pada waktu dia sampe di sby hari minggu besok. Dasarnya aku emang rada gak percaya, ya aku tetap nolak, dengan menghaluskan alasan....hehehe.....dan aku bilang spy dia batalin aja visitnya ke indo, toh lebih penting ngurus anaknya.....bener kan??????? Lah masak trus dia bilang apa aku tega nyuruh dia balik ke UK terus balik lagi ke JKT???? Ya aku bilang gak nyuruh dia balik u/ penuhi janji visit aku.....pokoknya urus aja dulu anaknya (kalo emang bener anaknya.....hehehe....). Nti kalo Tuhan emang niat, pasti dibukakan jalan u/ visit aku....bener kan???? Jadilah qta berpisah dengan saling marahan...hehehe....walaupun cuma dalam kata-2 di komputer....hehehe....

Td malam aku gak online, niat ngetes emang....bener gak feelingku kalo dia tuh a fraud.....hehehe, lumayan tidur lebih d/ 8 jam, sambil ngilangin gejala-2 flu yang mulai hinggap....hehehe....
Pagi ini aku cek, tidak ada offline messages kayak biasanya kalo aku gak muncul malam sebelumnya. Aku cek di lavalife, profile dia udah gak ada, padahal kemarin msh nongkrong. Hehehe....berarti bener kan....a fraud! Herannya, loh, berani-2nya mencoba nipu, padahal selama chatting aku pernah cerita tentang netter-2 yang mencoba-2 berbohong dan bertipudaya, tetapi aku selalu krasa dan bisa tau sebelum semuanya masuk terlalu jauh. Orang kok gak belajar d/ sejarah toh ya? hehehe....

Oke, sekarang aku ceritakan kecurigaanku masalah anaknya. Cuma Nia yang pegang fotonya, yg dikirim ke aku selasa sebelumnya. Rabu pagi itu, aku buka lagi tuh foto.....eh, anak itu emang cute banget loh, bener gak, Nia? Lah, terus aku liat name tag di dadanya....hihihi...coba liat deh, Nia.....rasane nama yang tertulis di situ bukan nama yg dikasihkan ke aku.....hihihi....bengong dong, aku....hehehe...!

Terus masalah jewelry yang katanya dia belikan untuk aku....Inget Nia, qta berkomentar yg sama, kok kayaknya tuh foto diambil dari etalase? hehehe....

Belum semua hal-hal kecil yang tidak terjelaskan selama qta chatting...hihihi....aku cerewet, sih, semua-2 ditanyain....hehehe....! Hal-hal aneh kayak ngapain immigration officer ada urusan di India (lah, emang CIA? hehehe...), kenapa kok dia gak contact konsulat di Indo u/ bantu organize his visit plan (alasannya dia skrg lg gak di kantornya....lah, kayak dia lagi terlibat illegal works, toh? hehehe...), atau bahkan ngapain dia gak minta bantuan temannya di UK u/ urusan anaknya itu ketimbang ngandalin orang asing, yang bahkan tidak berada di UK.....hehehe....!

Okay, dah jelas semua? hehehe...jadi qta tutup aja bukunya dan tuolooooooong jgn dibicarakan lagi yach? hihihi.....bukannya broken heart.....sungguh, ternyata salah...hehehe.... Lebih sakit hati ngadepin yg 3 thn sebelum ini....hihihi....lain cerita, tp gak usah minta diceritain...hihihi.....! Emang rabu malam itu sakit hati banget, bukannya karena patah hati, tapi rasane lebih karena bertengkarnya itu...hihihi....dan karena jelas-2 bakalan kehilangan teman ngobrol lagi! Buktinya, td malam bisa tidur enak, gak penasaran, gak kelimpungan mikirin....dan pagi ini bisa dgn tenang bekerja dan ngakuin ternyata dia benar penipu....hehehe....! Hanya satu rasa berterima kasih pada cowok ini...hihihi, masih bawa untung loh dia....hehehe....karena chatting dengan nih cowok berhasil bantu aku melewatkan suatu tanggal penting dengan tertawa....bukannya dengan sad memories....hehehe...bagus, kan?


Bagus sekali Wati! Kamu bisa pakai akal sehatmu, dan nggak cuman ngikutin perasaan. Lebih bagus lagi karena kamu bisa melihat nilai positif dibalik kejadian ini. So, aku salut sama kamu. You deserve a good loving man. I pray for you, always!

0 comments: